Selasa, 28 Juni 2011

Tuntut Kenaikan Gaji, Ribuan Karyawan McDermott Gelar Aksi

Tuntut Kenaikan Gaji, Ribuan Karyawan McDermott Gelar Aksi
Selasa, 28-06-2011 | 10:06 WIB
 
Aksi karyawan McDermott Batam melumpuhkan aktivitas produksi perusahaan berbasis di Amerika Serikat itu. (Foto: Hendra)
 
Batam, batamtoday - Ribuan karyawan PT McDermott Indonesia menggelar aksi unjuk rasa untuk menuntut kenaikan gaji tahun 2011 yang hingga kini belum direalisasikan pihak management perusahaan.
Aksi menuntut kenaikan gaji tersebut dilakukan seluruh departemen yang ada di PT McDermott, akibatnya, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini lumpuh total.

Dari pantauan batamtoday, Selasa, 28 Juni 2011, satu persatu perwakilan karyawan berorasi menyampaikan tuntutannya.

"Jika dicermati, sebenarnya sejak tahun 1998 tidak ada kenaikan gaji di PT McDermott seperti yang digembar-gemborkan managemen selama ini sebesar 7,5 persen, itu semua hanyalah penyesuaian inflasi dan kurs Dollar Amerika, sekali lagi bukan kenaikan gaji," ujar salah seorang karyawan dalam orasinya.

Besaran kenaikan gaji yang diminta pihak karyawan pada 2011 ini, adalah sebesar 10 persen. Angka tersebut, tidak termasuk beban pertanggung jawaban berobat karyawan oleh perusahaan.

Selain kenaikan gaji, aksi yang tergolong paling besar dalam sejarah PT McDermott di Batam kali ini juga menuntut pertanggung jawaban managemen perusahaan yang mengeluarkan surat pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak terhadap ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

"Kami meminta managemen membatalkan PHK saudara ketua PUK SPSI, karena melanggar Undang-undang Ketenagakerjaan," ujar orator lainnya, sembari menambahkan, pihak managemen harus melakukan reformasi total dengan membatasi pekerja asing yang selama ini menduduki posisi strategis di perusahaan.

Sampai dengan berita ini diturunkan, aksi masih berlangsung, dan aktivitas PT McDermott lumpuh total.
(Hendra / magid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar